Tabel (baris dan kolom) dalam
lembar kerja microsoft office Excel merupakan media primadona pengguna Excel
untuk mengolah data menghitung baik menghitung data angka maupun aksara
(abjad). Baris dan Kolom yang tersedia default dari salah satu aplikasi software
microsoft office tidak dapat diwarnai manual akan tetapi juga dapat ditampilkan
secara otomatis
Mewarnai tabel tidak hanya dapat memperindah tampilan data akan tetapi juga akan dapat memudahkan membaca data karena antara baris yang satu dengan lainnya berbeda warna.
Mewarnai tabel tidak hanya dapat memperindah tampilan data akan tetapi juga akan dapat memudahkan membaca data karena antara baris yang satu dengan lainnya berbeda warna.
Gambar: Tampilan
tabel warna otomatis dalam lembar kerja Excel
Salah satu keuntungan dari menampilkan data dengan tabel warna otomatis yaitu fungsi tools sortir data tersedia otomatis. Fungi sortir data yaitu dapat menampilkan data tertentu saja dari sejumlah data yang ada dalam tabel
Cara membuat table warna otomatis dalam lembar kerja excel dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
- Tempatkan kursor mouse pada kolom/baris tabel yang ingin dibuat tabel
- Klick Kiri pada Format as Tabel. Setelah melakukan langkah ini akan muncul sejumlah model warna tabel yang dapat dipilih
- Klick kiri pada salah satu warna tabel sesuai diinginkan
- Klick Ok pada form Format As Table. Setelah melakukan langkah ini tabel warna otomatis akan langsung muncul dalam lembar kerja
Jika menempatkan kursor dalam satu kolom/baris saja dan
kemudian ingin menambah sejumlah baris dan kolom tabel lagi yaitu klick Kiri
pada pinggir kiri baris tabel. Setelah melakukan langkah ini akan muncul
semacam arah panah menyilang. Ketika akan menambah sejumlah kolom dan baris
tabel posisi tangan masih dalam klick kiri dan kemudian ditarik sejumlah baris
dan kolom dibutuhkan .
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar: